Sabtu, 12 Juni 2010

Rpp Kewirausahaan SMK KESEHATAN PANCA ATMA JAYA KLK

RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN

KEWIRAUSAHAAN

Mata Pelajaran

:

Kewirausahaan

Kelas/Semester

:

X / 1

Pertemuan ke

:

1 s.d 3

Alokasi Waktu

:

6 jam

Standar Kompetensi

:

1

Mengaktualisasikan sikap dan prilaku wirausaha

Kompetensi Dasar

:

1.1.

Mengidentifikasikan sikap dan prilaku wirausaha

Indikator

:

Ø Disiplin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inivasi, mandiri dan selalu bekerja dengan berprestasi.

Ø Keberhasilan dan kegagalan wirausahawan diidentifikasi berdasarkan sikap dan prilakunya dalam keseharian

I.Tujuan
Pembelajaran

« Siswa dapat menjelaskan penertian kewirausahaan

« Siswa dapat memahami karakteristik wirausaha yang meliputi disiplin, komitmen tinggi, jujur, kreatif, inovatif, mandiri dan realistis.

« Siwa dapat menjelaskan cara mengidentifikasi 10 kegagalan dan keberhasilan seorang wirausaha berdasarkan karakteristik wirausahawan.

II.Materi
Pembelajaran

Ø Pengertian kewirausahaan.

Ø Karakteristik wirausahaan yang meliputi : disiplin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovatif, mandiri dan realistis.

Ø Cara mengidentifikasi 10 kegagalan dan keberhasilan seseorang berdasarkan karakteristik wirausahawan

III.Metode
Pembelajaran

Multi Metode : diskusi, interaktif, ceramah bervariasi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan

Lamanya

Tempat Belajar

Di Sekolah

Luar Sek.

Awal

10 menit

Kegiatan Guru

- Mengecek kebersihan ruang kelas

- Presensi siswa

- Mengecek denah kelas

- Menyampaikan Standar Kompetensi

- Menyampaikan Kompetensi Dasar

- Menyampaikan Tujuan Pembelajaran

- Menyampaikan metode pembelajaran

- Apersepsi terhadap materi pelajaran atau Pre Test

Inti

65 menit

Kegiatan Pembelajaran

- Guru mempersentasikan materi pelajaran

Akhir

15 menit

Kegiatan Guru

- Guru bersama siswa melakukan refleksi

- Post Test

- Penugasan siswa untuk bahan diskusi pada
pertemuan berikutnya

V. Alat ( Bahan ) : Papan tulis, kapur,

VI.Sumber Belajar : Modul Kewirausahaan untuk SMK Kls X Sem 1, buku-buku kewirausahaan yang relevan.

VII. Penilaian : - Non Tes : dilakukan pada tahap persiapan, pelaksanaan diskusi klompok kecil dan panel

- Tes tertulis : terlampir

Text Box:  Mengetahui                    Kepala SMK Kesehatan Panca Atma Jaya    Dr. Irfana  NIP.   Text Box: Semarapura, Juli 2009 Guru Mata Pelajaran   Drs. I Wayan Sumeken NIP. 19603112198703 1 251

RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN

KEWIRAUSAHAAN

Mata Pelajaran

:

Kewirausahaan

Kelas/Semester

:

X/ 1

Pertemuan ke

:

4 dan 6

Alokasi Waktu

:

6 jam

Standar Kompetensi

:

1

Mengaktualisasikan sikap dan prilaku wirausaha

Kompetensi Dasar

:

1.2

1.1 Menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju)

Indikator

:

· Kerja prestatif (selalu ingin maju) meliputi :

- Kerja ikhlas

- Kerja mawas ><>

- Kerja cerdas

- Kerja keras

- Kerja tuntas

I.Tujuan
Pembelajaran

:

Ø Siswa dapat mengungkapkan kembali pengertian prilaku kerja prestatif

Ø Siswa dapat mengungkapkan kembali tujuan kerja prestatif

Ø Siswa dapat mengungkapkan kembali manfaat kerja prestatif

Ø Siswa dapat menyebutkan prinsip keraj prestatif

II.Materi
Pembelajaran

· Pengertian, tujuan, manfaat perilaku kerja prestatif

· Perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju) meliputi:

- kerja ikhlas

- kerja mawas ><>

- kerja cerdas

- kerja keras

- kerja tuntas

· Prinsip cara kerja prestatif

III.Metode
Pembelajaran

Multi Metode diskusi, interaktif, ceramah bervariasi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan

Lamanya

Tempat Belajar

Di Sekolah

Luar Sek.

Awal

10 menit

Kegiatan Guru

- Mengecek kebersihan ruang kelas

- Presensi siswa

- Mengecek denah kelas

- Menyampaikan Standar Kompetensi

- Menyampaikan Kompetensi Dasar

- Menyampaikan Tujuan Pembelajaran

- Menyampaikan metode pembelajaran

- Apersepsi terhadap materi pelajaran atau Pre Test

Inti

65 menit

Kegiatan Pembelajaran

- Guru mempersentasikan materi pelajaran

Akhir

15 menit

Kegiatan Guru

- Guru bersama siswa melakukan refleksi

- Post Test

V. Alat ( Bahan ) : Papan tulis, kapur, Komputer

VI Sumber Belajar : Modul Kewirausahaan untuk SMK Kls X Sem 1, buku-buku kewirausahaan yang relevan.

VII. Penilaian : - Non Tes : dilakukan pada tahap persiapan dan akhir pembelajaran.

- Tes tertulis : terlampir

Text Box: Semarapura, Juli 2009 Guru Mata Pelajaran   Drs. I Wayan Sumeken NIP. 19603112198703 1 251Text Box:  Mengetahui                    Kepala SMK Kesehatan Panca Atma Jaya    Dr. Irfana  NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN

KEWIRAUSAHAAN

Mata Pelajaran

:

Kewirausahaan

Kelas/Semester

:

I / 1

Pertemuan ke

:

7

Alokasi Waktu

:

2 jam

Standar Kompetensi

:

1

Mengaktualisasikan sikap dan prilaku wirausaha

Kompetensi Dasar

:

1.3 Merumuskan solusi masalah

Indikator

:

· Masalah diidentifikasi, dirumuskan dan dianalisis, dengan percaya diri

· Kecakapan mengolah informnasi,

· Berpikir kreatif

· Kecakapan memecahkan masalah,

· Kecakapan bekerjasama dengan teman sekerja

· Alternatif perumusan solusi masalah berdasarkan hasil analisis

I.Tujuan
Pembelajaran

Ø Siswa dapat menjelaskan pengertian masalah

Ø Siswa dapat menjelaskan teknik pemecahan masalah dan pembuatan keputusan

Ø Siswa dapat membedakan masalah dan bukan masalah

Ø Siswa dapat mengidentifikasi masalah dan mencari penyebabnya

Ø Siswa dapat mencari dan menetukan berbagai alternatif pemecahan masalah

Ø Siswa dapat membuat pertimbangan berbagai alternatif pemecahan masalah

Ø Siswa dapat menjelaskan dampak dari pengambilan keputusan

II.Materi
Pembelajaran

:

· Pengertian masalah

· Teknik pemecahan masalah dan pembuatan keputusan

· Membedakan masalah dan bukan masalah

· Identifikasi masalah dan mencari penyebabnya

· Mencari dan menentukan alternatif pemecahan masalah

· Pertimbangan dalam merumuskan solusi masalah

· Dampak dari pengambilan keputusan

III.Metode
Pembelajaran

Multi Metode : diskusi, interaktif, ceramah bervariasi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan

Lamanya

Tempat Belajar

Di Sekolah

Luar Sek.

Awal

10 menit

Kegiatan Guru

- Mengecek kebersihan ruang kelas

- Presensi siswa

- Mengecek denah kelas

- Menyampaikan Standar Kompetensi

- Menyampaikan Kompetensi Dasar

- Menyampaikan Tujuan Pembelajaran

- Menyampaikan metode pembelajaran

- Apersepsi terhadap materi pelajaran atau Pre Test

Inti

65 menit

Kegiatan Pembelajaran

- Guru mempersentasikan materi pelajaran

Akhir

15 menit

Kegiatan Guru

- Guru bersama siswa melakukan refleksi

- Post Test

- Penugasan siswa untuk bahan diskusi pada
pertemuan berikutnya

V. Alat ( Bahan ) : Papan tulis, kapur, CD, Flasdisk, Komputer

VI Sumber Belajar : Modul Kewirausahaan untuk SMK Kls X Sem 1, buku-buku kewirausahaan yang relevan

VII. Penilaian : - Non Tes : dilakukan pada tahap persiapan, pelaksanaan diskusi klompok kecil dan panel

- Tes tertulis : terlampir

Text Box: Semarapura, Juli 2009 Guru Mata Pelajaran   Drs. I Wayan Sumeken NIP. 19603112198703 1 251Text Box:  Mengetahui                    Kepala SMK Kesehatan Panca Atma Jaya    Dr. Irfana  NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN

KEWIRAUSAHAAN

Mata Pelajaran

:

Kewirausahaan

Kelas/Semester

:

I / 1

Pertemuan ke

:

8

Alokasi Waktu

:

2 jam

Standar Kompetensi

:

1

Mengaktualisasikan sikap dan prilaku wirausaha

Kompetensi Dasar

:

1.4

Mengembangkan semangat wirausaha

Indikator

:

· Menciptakan daya saing sesuai dengan instrumen penilaian

· Menciptakan sikap selalu ingin maju sesuai dengan instrumen penilaian

· Meningkatkan sikap disiplin dan etos kerja dengan instrumen penilaian

· Menumbuhkan kreativitas dan inovatif siswa sesuai dengan instrumen penilaian

I.Tujuan
Pembelajaran

Ø Siswa dapat menjelaskan pengertian inovasi

Ø Siswa dapat mengungkapkan kembali pengertian krativitas

Ø Siswa dapat menjelaskan pengertian motivasi

Ø Siswa dapat menyebutkan prinsip-prinsip kerja yang efektif dan efisien

Ø Siswa dapat mengidetifikasi perilaku bekerja efektif dan efisien

II.Materi
Pembelajaran

· Mengetahui pengertian-pengertian inovasi, kreatifitas dan motivasi

· Mengetahui prinsip-prinsip kerja yang efektif dan efisien

· Mengidentifikasi perilaku kerja efektif dan efisien

III.Metode
Pembelajaran

Multi Metode diskusi, interaktif, ceramah bervariasi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan

Lamanya

Tempat Belajar

Di Sekolah

Luar Sek.

Awal

10 menit

Kegiatan Guru

- Mengecek kebersihan ruang kelas

- Presensi siswa

- Mengecek denah kelas

- Menyampaikan Standar Kompetensi

- Menyampaikan Kompetensi Dasar

- Menyampaikan Tujuan Pembelajaran

- Menyampaikan metode pembelajaran

- Apersepsi terhadap materi pelajaran atau Pre Test

Inti

65 menit

Kegiatan Pembelajaran

- Guru mempersentasikan materi pelajaran

Akhir

15 menit

Kegiatan Guru

- Guru bersama siswa melakukan refleksi

- Post Test

- Penugasan siswa untuk bahan diskusi pada
pertemuan berikutnya

V. Alat ( Bahan ) : Papan tulis, kapur, CD, Flashdisk, Komputer

VI Sumber Belajar : Modul Kewirausahaan untuk SMK Kls X Sem 1, buku-buku kewirausahaan yang relevan.

VII. Penilaian : - Non Tes : dilakukan pada tahap persiapan, pelaksanaan diskusi klompok kecil dan panel

- Tes tertulis : terlampir

Text Box: Semarapura, Juli 2009 Guru Mata Pelajaran   Drs. I Wayan Sumeken NIP. 19603112198703 1 251Text Box: Mengetahui                   Kepala SMK Kesehatan Panca Atma Jaya    Dr. Irfana  NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN

KEWIRAUSAHAAN

Mata Pelajaran

:

Kewirausahaan

Kelas/Semester

:

I / 1

Pertemuan ke

:

9

Alokasi Waktu

:

2 jam

Standar Kompetensi

:

1

Mengaktualisasikan sikap dan prilaku wirausaha

Kompetensi Dasar

:

1.5

Membangun komitmen tinggi bagi dirinya dan bagi orang lain

Indikator

:

· Pantang menyerah terhadap keadaan atau situasi apapun juga

· Memiliki semangat dan tahan uji dari setiap tantangan

· Memiliki kesabaran dan ketabahan di dalam berusaha

· Selalu bekerja, berjuang dan berkorban

I.Tujuan
Pembelajaran

:

Ø Siswa dapat mengetahui pengertian komitmen tinggi

Ø Siswa dapat membangun komitmen bagi dirinya sendiri dan bagi orang lain

Ø Siswa dapat menentukan sikap dan mengambil resiko dari setiap usaha

Ø Siswa dapat mengambil keputusan secara ilmiah

II.Materi
Pembelajaran

:

· Pengertian komitmen tinggi

· Membangun komitmen bagi dirinya sendiri dan bai orang lain

· Menerapkan perilaku tepat janji

· Menerapkan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri

III.Metode
Pembelajaran

Multi Metode : diskusi, interaktif, ceramah bervariasi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan

Lamanya

Tempat Belajar

Di Sekolah

Luar Sek.

Awal

10 menit

Kegiatan Guru

- Mengecek kebersihan ruang kelas

- Presensi siswa

- Mengecek denah kelas

- Menyampaikan Standar Kompetensi

- Menyampaikan Kompetensi Dasar

- Menyampaikan Tujuan Pembelajaran

- Menyampaikan metode pembelajaran

- Apersepsi terhadap materi pelajaran atau Pre Test

Inti

65 menit

Kegiatan Pembelajaran

- Guru mempersentasikan materi pelajaran

Akhir

15 menit

Kegiatan Guru

- Guru bersama siswa melakukan refleksi

- Post Test

- Penugasan siswa untuk bahan diskusi pada
pertemuan berikutnya

V. Alat ( Bahan ) : Papan tulis, kapur, CD, Flashdisk, Komputer

VI Sumber Belajar : Modul Kewirausahaan untuk SMK Kls X Sem 1, buku-buku kewirausahaan yang relevan.

VII. Penilaian : - Non Tes : dilakukan pada tahap persiapan, pelaksanaan diskusi klompok kecil dan panel

- Tes tertulis : terlampir

Text Box: Semarapura, Juli 2009 Guru Mata Pelajaran   Drs. I Wayan Sumeken NIP. 19603112198703 1 251Text Box:  Mengetahui                   Kepala SMK Kesehatan Panca Atma Jaya    Dr. Irfana  NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN

KEWIRAUSAHAAN

Mata Pelajaran

:

Kewirausahaan

Kelas/Semester

:

I / 1

Pertemuan ke

:

10

Alokasi Waktu

:

2 jam

Standar Kompetensi

:

1

Mengaktualisasikan sikap dan prilaku wirausaha

Kompetensi Dasar

:

1.7 Membuat keputusan

Indikator

:

· Alternatif pemecahan masalah

· Solusi memecahkan masalah

· Resiko keberhasilan dan kegagalan dalam pengambilan keputusan

I.Tujuan
Pembelajaran

Ø Siswa dapat mengetahui pengertian dari keputusan

Ø Siswa dapat menentukan sikap dan mengambil keputusan

Ø Siswa dapat membuat keputusan secara ilmiah

II.Materi
Pembelajaran

:

· Pengertian masalah dan bukan masalah

· Komunikasi

· Keputusan

III.Metode
Pembelajaran

Multi Metode: diskusi, interaktif, ceramah bervariasi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan

Lamanya

Tempat Belajar

Di Sekolah

Luar Sek.

Awal

10 menit

Kegiatan Guru

- Mengecek kebersihan ruang kelas

- Presensi siswa

- Mengecek denah kelas

- Menyampaikan Standar Kompetensi

- Menyampaikan Kompetensi Dasar

- Menyampaikan Tujuan Pembelajaran

- Menyampaikan metode pembelajaran

- Apersepsi terhadap materi pelajaran atau Pre Test

Inti

65 menit

Kegiatan Pembelajaran

- Guru mempersentasikan materi pelajaran

Akhir

15 menit

Kegiatan Guru

- Guru bersama siswa melakukan refleksi

- Post Test

- Penugasan siswa untuk bahan diskusi pada
pertemuan berikutnya

V. Alat ( Bahan ) : Papan tulis, kapur, CD, Flashdisk, Komputer

VI Sumber Belajar : Modul Kewirausahaan untuk SMK Kls X Sem 1, buku-buku kewirausahaan yang relevan.

VII. Penilaian : - Non Tes : dilakukan pada tahap persiapan, pelaksanaan diskusi klompok kecil dan panel

- Tes tertulis : terlampir

Text Box: Semarapura, Juli 2009 Guru Mata Pelajaran   Drs. I Wayan Sumeken NIP. 19603112198703 1 251Text Box:  Mengetahui                   Kepala SMK Kesehatan Panca Atma Jaya    Dr. Irfana  NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN

KEWIRAUSAHAAN

Mata Pelajaran

:

Kewirausahaan

Kelas/Semester

:

I /1

Pertemuan ke

:

11 dan 12

Alokasi Waktu

:

4 jam

Standar Kompetensi

:

1.

Mengaktualisasikan sikap dan prilaku wirausaha

Kompetensi Dasar

:

1.6

Menggambil resiko usaha

Indikator

:

· Identifikasi jenis-jenis resiko

· Memperkecil resiko yang merugikan

I.Tujuan
Pembelajaran

Ø Siswa dapat mengetahui pengertian dari resiko

Ø Siswa dapat mempelajari resiko yang berkaitan dengan macam-macam resiko dan unsur resiko

Ø Siswa dapat menentukan sikap dan mengambil resiko dari setiap usaha

II.Materi
Pembelajaran

:

· Prinsip dasar resiko meliputi pengertian, macam, unsur, manfaat, tujuan dsb

· Manajemen resiko

III.Metode
Pembelajaran

Multi Metode diskusi, interaktif, ceramah bervariasi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan

Lamanya

Tempat Belajar

Di Sekolah

Luar Sek.

Awal

10 menit

Kegiatan Guru

- Mengecek kebersihan ruang kelas

- Presensi siswa

- Mengecek denah kelas

- Menyampaikan Standar Kompetensi

- Menyampaikan Kompetensi Dasar

- Menyampaikan Tujuan Pembelajaran

- Menyampaikan metode pembelajaran

- Apersepsi terhadap materi pelajaran atau Pre Test

Inti

65 menit

Kegiatan Pembelajaran

- Guru mempersentasikan materi pelajaran

Akhir

15 menit

Kegiatan Guru

- Guru bersama siswa melakukan refleksi

- Post Test

- Penugasan siswa untuk bahan diskusi pada
pertemuan berikutnya

V. Alat ( Bahan ) : Papan tulis, kapur, CD, Flashdisk, Komputer

VI Sumber Belajar : Modul Kewirausahaan untuk SMK Kls X Sem 1, buku-buku kewirausahaan yang relevan.

VII. Penilaian : - Non Tes : dilakukan pada tahap persiapan, pelaksanaan diskusi klompok kecil dan panel

- Tes tertulis : terlampir

Text Box: Semarapura, Juli 2009 Guru Mata Pelajaran   Drs. I Wayan Sumeken NIP. 19603112198703 1 251Text Box:  Mengetahui                   Kepala SMK Kesehatan Panca Atma Jaya    Dr. Irfana  NIP.