RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN
KEWIRAUSAHAAN
Mata Pelajaran | : | Kewirausahaan | |||||||||
Kelas/Semester | : | X / 1 | |||||||||
Pertemuan ke | : | 1 s.d 3 | |||||||||
Alokasi Waktu | : | 6 jam | |||||||||
Standar Kompetensi | : | 1 | Mengaktualisasikan sikap dan prilaku wirausaha | ||||||||
Kompetensi Dasar | : | | 1.1. | Mengidentifikasikan sikap dan prilaku wirausaha | |||||||
Indikator | : | | | Ø Disiplin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inivasi, mandiri dan selalu bekerja dengan berprestasi. Ø Keberhasilan dan kegagalan wirausahawan diidentifikasi berdasarkan sikap dan prilakunya dalam keseharian | |||||||
I.Tujuan
| | « Siswa dapat menjelaskan penertian kewirausahaan « Siswa dapat memahami karakteristik wirausaha yang meliputi disiplin, komitmen tinggi, jujur, kreatif, inovatif, mandiri dan realistis. « Siwa dapat menjelaskan cara mengidentifikasi 10 kegagalan dan keberhasilan seorang wirausaha berdasarkan karakteristik wirausahawan. | |||||||||
II.Materi
| |
| |||||||||
III.Metode
| | Multi Metode : diskusi, interaktif, ceramah bervariasi | |||||||||
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran | |||||||||||
Pertemuan | Lamanya | | Tempat Belajar | ||||||||
| | | Di Sekolah | Luar Sek. | |||||||
Awal | 10 menit | Kegiatan Guru - Mengecek kebersihan ruang kelas - Presensi siswa - Mengecek denah kelas - Menyampaikan Standar Kompetensi - Menyampaikan Kompetensi Dasar - Menyampaikan Tujuan Pembelajaran - Menyampaikan metode pembelajaran - Apersepsi terhadap materi pelajaran atau Pre Test | | | |||||||
Inti | 65 menit | Kegiatan Pembelajaran - Guru mempersentasikan materi pelajaran | | | |||||||
Akhir | 15 menit | Kegiatan Guru - Guru bersama siswa melakukan refleksi - Post Test - Penugasan siswa untuk bahan diskusi pada
| | | |||||||
V. Alat ( Bahan ) : Papan tulis, kapur,
VI.Sumber Belajar : Modul Kewirausahaan untuk SMK Kls X Sem 1, buku-buku kewirausahaan yang relevan.
VII. Penilaian : - Non Tes : dilakukan pada tahap persiapan, pelaksanaan diskusi klompok kecil dan panel
- Tes tertulis : terlampir
RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN
KEWIRAUSAHAAN
Mata Pelajaran | : | Kewirausahaan | |||||
Kelas/Semester | : | X/ 1 | |||||
Pertemuan ke | : | 4 dan 6 | |||||
Alokasi Waktu | : | 6 jam | |||||
Standar Kompetensi | : | 1 | Mengaktualisasikan sikap dan prilaku wirausaha | ||||
Kompetensi Dasar | : | 1.2 | 1.1 Menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju) | ||||
Indikator | : | | | · Kerja prestatif (selalu ingin maju) meliputi : - Kerja ikhlas - Kerja mawas ><> - Kerja cerdas - Kerja keras - Kerja tuntas | |||
I.Tujuan
| : | Ø Siswa dapat mengungkapkan kembali pengertian prilaku kerja prestatif Ø Siswa dapat mengungkapkan kembali tujuan kerja prestatif Ø Siswa dapat mengungkapkan kembali manfaat kerja prestatif Ø Siswa dapat menyebutkan prinsip keraj prestatif | |||||
II.Materi
| | · Pengertian, tujuan, manfaat perilaku kerja prestatif · Perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju) meliputi: - kerja ikhlas - kerja mawas ><> - kerja cerdas - kerja keras - kerja tuntas · Prinsip cara kerja prestatif | |||||
III.Metode
| | Multi Metode diskusi, interaktif, ceramah bervariasi | |||||
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran | |||||||
Pertemuan | Lamanya | | Tempat Belajar | ||||
| | | Di Sekolah | Luar Sek. | |||
Awal | 10 menit | Kegiatan Guru - Mengecek kebersihan ruang kelas - Presensi siswa - Mengecek denah kelas - Menyampaikan Standar Kompetensi - Menyampaikan Kompetensi Dasar - Menyampaikan Tujuan Pembelajaran - Menyampaikan metode pembelajaran - Apersepsi terhadap materi pelajaran atau Pre Test | | | |||
Inti | 65 menit | Kegiatan Pembelajaran - Guru mempersentasikan materi pelajaran | | | |||
Akhir | 15 menit | Kegiatan Guru - Guru bersama siswa melakukan refleksi - Post Test | | | |||
V. Alat ( Bahan ) : Papan tulis, kapur, Komputer
VI Sumber Belajar : Modul Kewirausahaan untuk SMK Kls X Sem 1, buku-buku kewirausahaan yang relevan.
VII. Penilaian : - Non Tes : dilakukan pada tahap persiapan dan akhir pembelajaran.
- Tes tertulis : terlampir
RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN
KEWIRAUSAHAAN
Mata Pelajaran | : | Kewirausahaan | |||||
Kelas/Semester | : | I / 1 | |||||
Pertemuan ke | : | 7 | |||||
Alokasi Waktu | : | 2 jam | |||||
Standar Kompetensi | : | 1 | Mengaktualisasikan sikap dan prilaku wirausaha | ||||
Kompetensi Dasar | : | | 1.3 Merumuskan solusi masalah | ||||
Indikator | : | | | · Masalah diidentifikasi, dirumuskan dan dianalisis, dengan percaya diri · Kecakapan mengolah informnasi, · Berpikir kreatif · Kecakapan memecahkan masalah, · Kecakapan bekerjasama dengan teman sekerja · Alternatif perumusan solusi masalah berdasarkan hasil analisis | |||
I.Tujuan
| | Ø Siswa dapat menjelaskan pengertian masalah Ø Siswa dapat menjelaskan teknik pemecahan masalah dan pembuatan keputusan Ø Siswa dapat membedakan masalah dan bukan masalah Ø Siswa dapat mengidentifikasi masalah dan mencari penyebabnya Ø Siswa dapat mencari dan menetukan berbagai alternatif pemecahan masalah Ø Siswa dapat membuat pertimbangan berbagai alternatif pemecahan masalah Ø Siswa dapat menjelaskan dampak dari pengambilan keputusan | |||||
II.Materi
| : | · Pengertian masalah · Teknik pemecahan masalah dan pembuatan keputusan · Membedakan masalah dan bukan masalah · Identifikasi masalah dan mencari penyebabnya · Mencari dan menentukan alternatif pemecahan masalah · Pertimbangan dalam merumuskan solusi masalah · Dampak dari pengambilan keputusan | |||||
III.Metode
| | Multi Metode : diskusi, interaktif, ceramah bervariasi | |||||
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran | |||||||
Pertemuan | Lamanya | | Tempat Belajar | ||||
| | | Di Sekolah | Luar Sek. | |||
Awal | 10 menit | Kegiatan Guru - Mengecek kebersihan ruang kelas - Presensi siswa - Mengecek denah kelas - Menyampaikan Standar Kompetensi - Menyampaikan Kompetensi Dasar - Menyampaikan Tujuan Pembelajaran - Menyampaikan metode pembelajaran - Apersepsi terhadap materi pelajaran atau Pre Test | | | |||
Inti | 65 menit | Kegiatan Pembelajaran - Guru mempersentasikan materi pelajaran | | | |||
Akhir | 15 menit | Kegiatan Guru - Guru bersama siswa melakukan refleksi - Post Test - Penugasan siswa untuk bahan diskusi pada
| | | |||
V. Alat ( Bahan ) : Papan tulis, kapur, CD, Flasdisk, Komputer
VI Sumber Belajar : Modul Kewirausahaan untuk SMK Kls X Sem 1, buku-buku kewirausahaan yang relevan
VII. Penilaian : - Non Tes : dilakukan pada tahap persiapan, pelaksanaan diskusi klompok kecil dan panel
- Tes tertulis : terlampir
RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN
KEWIRAUSAHAAN
Mata Pelajaran | : | Kewirausahaan | |||||
Kelas/Semester | : | I / 1 | |||||
Pertemuan ke | : | 8 | |||||
Alokasi Waktu | : | 2 jam | |||||
Standar Kompetensi | : | 1 | Mengaktualisasikan sikap dan prilaku wirausaha | ||||
Kompetensi Dasar | : | | 1.4 | Mengembangkan semangat wirausaha | |||
Indikator | : | | | · Menciptakan daya saing sesuai dengan instrumen penilaian · Menciptakan sikap selalu ingin maju sesuai dengan instrumen penilaian · Meningkatkan sikap disiplin dan etos kerja dengan instrumen penilaian · Menumbuhkan kreativitas dan inovatif siswa sesuai dengan instrumen penilaian | |||
I.Tujuan
| | Ø Siswa dapat menjelaskan pengertian inovasi Ø Siswa dapat mengungkapkan kembali pengertian krativitas Ø Siswa dapat menjelaskan pengertian motivasi Ø Siswa dapat menyebutkan prinsip-prinsip kerja yang efektif dan efisien Ø Siswa dapat mengidetifikasi perilaku bekerja efektif dan efisien | |||||
II.Materi
| | · Mengetahui pengertian-pengertian inovasi, kreatifitas dan motivasi · Mengetahui prinsip-prinsip kerja yang efektif dan efisien · Mengidentifikasi perilaku kerja efektif dan efisien | |||||
III.Metode
| | Multi Metode diskusi, interaktif, ceramah bervariasi | |||||
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran | |||||||
Pertemuan | Lamanya | | Tempat Belajar | ||||
| | | Di Sekolah | Luar Sek. | |||
Awal | 10 menit | Kegiatan Guru - Mengecek kebersihan ruang kelas - Presensi siswa - Mengecek denah kelas - Menyampaikan Standar Kompetensi - Menyampaikan Kompetensi Dasar - Menyampaikan Tujuan Pembelajaran - Menyampaikan metode pembelajaran - Apersepsi terhadap materi pelajaran atau Pre Test | | | |||
Inti | 65 menit | Kegiatan Pembelajaran - Guru mempersentasikan materi pelajaran | | | |||
Akhir | 15 menit | Kegiatan Guru - Guru bersama siswa melakukan refleksi - Post Test - Penugasan siswa untuk bahan diskusi pada
| | | |||
V. Alat ( Bahan ) : Papan tulis, kapur, CD, Flashdisk, Komputer
VI Sumber Belajar : Modul Kewirausahaan untuk SMK Kls X Sem 1, buku-buku kewirausahaan yang relevan.
VII. Penilaian : - Non Tes : dilakukan pada tahap persiapan, pelaksanaan diskusi klompok kecil dan panel
- Tes tertulis : terlampir
RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN
KEWIRAUSAHAAN
Mata Pelajaran | : | Kewirausahaan | |||||
Kelas/Semester | : | I / 1 | |||||
Pertemuan ke | : | 9 | |||||
Alokasi Waktu | : | 2 jam | |||||
Standar Kompetensi | : | 1 | Mengaktualisasikan sikap dan prilaku wirausaha | ||||
Kompetensi Dasar | : | | 1.5 | Membangun komitmen tinggi bagi dirinya dan bagi orang lain | |||
Indikator | : | | | · Pantang menyerah terhadap keadaan atau situasi apapun juga · Memiliki semangat dan tahan uji dari setiap tantangan · Memiliki kesabaran dan ketabahan di dalam berusaha · Selalu bekerja, berjuang dan berkorban | |||
I.Tujuan
| : | Ø Siswa dapat mengetahui pengertian komitmen tinggi Ø Siswa dapat membangun komitmen bagi dirinya sendiri dan bagi orang lain Ø Siswa dapat menentukan sikap dan mengambil resiko dari setiap usaha Ø Siswa dapat mengambil keputusan secara ilmiah | |||||
II.Materi
| : | · Pengertian komitmen tinggi · Membangun komitmen bagi dirinya sendiri dan bai orang lain · Menerapkan perilaku tepat janji · Menerapkan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri | |||||
III.Metode
| | Multi Metode : diskusi, interaktif, ceramah bervariasi | |||||
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran | |||||||
Pertemuan | Lamanya | | Tempat Belajar | ||||
| | | Di Sekolah | Luar Sek. | |||
Awal | 10 menit | Kegiatan Guru - Mengecek kebersihan ruang kelas - Presensi siswa - Mengecek denah kelas - Menyampaikan Standar Kompetensi - Menyampaikan Kompetensi Dasar - Menyampaikan Tujuan Pembelajaran - Menyampaikan metode pembelajaran - Apersepsi terhadap materi pelajaran atau Pre Test | | | |||
Inti | 65 menit | Kegiatan Pembelajaran - Guru mempersentasikan materi pelajaran | | | |||
Akhir | 15 menit | Kegiatan Guru - Guru bersama siswa melakukan refleksi - Post Test - Penugasan siswa untuk bahan diskusi pada
| | | |||
V. Alat ( Bahan ) : Papan tulis, kapur, CD, Flashdisk, Komputer
VI Sumber Belajar : Modul Kewirausahaan untuk SMK Kls X Sem 1, buku-buku kewirausahaan yang relevan.
VII. Penilaian : - Non Tes : dilakukan pada tahap persiapan, pelaksanaan diskusi klompok kecil dan panel
- Tes tertulis : terlampir
RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN
KEWIRAUSAHAAN
Mata Pelajaran | : | Kewirausahaan | |||||
Kelas/Semester | : | I / 1 | |||||
Pertemuan ke | : | 10 | |||||
Alokasi Waktu | : | 2 jam | |||||
Standar Kompetensi | : | 1 | Mengaktualisasikan sikap dan prilaku wirausaha | ||||
Kompetensi Dasar | : | | 1.7 Membuat keputusan | ||||
Indikator | : | | | · Alternatif pemecahan masalah · Solusi memecahkan masalah · Resiko keberhasilan dan kegagalan dalam pengambilan keputusan | |||
I.Tujuan
| | Ø Siswa dapat mengetahui pengertian dari keputusan Ø Siswa dapat menentukan sikap dan mengambil keputusan Ø Siswa dapat membuat keputusan secara ilmiah | |||||
II.Materi
| : | · Pengertian masalah dan bukan masalah · Komunikasi · Keputusan | |||||
III.Metode
| | Multi Metode: diskusi, interaktif, ceramah bervariasi | |||||
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran | |||||||
Pertemuan | Lamanya | | Tempat Belajar | ||||
| | | Di Sekolah | Luar Sek. | |||
Awal | 10 menit | Kegiatan Guru - Mengecek kebersihan ruang kelas - Presensi siswa - Mengecek denah kelas - Menyampaikan Standar Kompetensi - Menyampaikan Kompetensi Dasar - Menyampaikan Tujuan Pembelajaran - Menyampaikan metode pembelajaran - Apersepsi terhadap materi pelajaran atau Pre Test | | | |||
Inti | 65 menit | Kegiatan Pembelajaran - Guru mempersentasikan materi pelajaran | | | |||
Akhir | 15 menit | Kegiatan Guru - Guru bersama siswa melakukan refleksi - Post Test - Penugasan siswa untuk bahan diskusi pada
| | | |||
V. Alat ( Bahan ) : Papan tulis, kapur, CD, Flashdisk, Komputer
VI Sumber Belajar : Modul Kewirausahaan untuk SMK Kls X Sem 1, buku-buku kewirausahaan yang relevan.
VII. Penilaian : - Non Tes : dilakukan pada tahap persiapan, pelaksanaan diskusi klompok kecil dan panel
- Tes tertulis : terlampir
RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN
KEWIRAUSAHAAN
Mata Pelajaran | : | Kewirausahaan | |||||
Kelas/Semester | : | I /1 | |||||
Pertemuan ke | : | 11 dan 12 | |||||
Alokasi Waktu | : | 4 jam | |||||
Standar Kompetensi | : | 1. | Mengaktualisasikan sikap dan prilaku wirausaha | ||||
Kompetensi Dasar | : | 1.6 | Menggambil resiko usaha | ||||
Indikator | : | | | · Identifikasi jenis-jenis resiko · Memperkecil resiko yang merugikan | |||
I.Tujuan
| | Ø Siswa dapat mengetahui pengertian dari resiko Ø Siswa dapat mempelajari resiko yang berkaitan dengan macam-macam resiko dan unsur resiko Ø Siswa dapat menentukan sikap dan mengambil resiko dari setiap usaha | |||||
II.Materi
| : | · Prinsip dasar resiko meliputi pengertian, macam, unsur, manfaat, tujuan dsb · Manajemen resiko | |||||
III.Metode
| | Multi Metode diskusi, interaktif, ceramah bervariasi | |||||
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran | |||||||
Pertemuan | Lamanya | | Tempat Belajar | ||||
| | | Di Sekolah | Luar Sek. | |||
Awal | 10 menit | Kegiatan Guru - Mengecek kebersihan ruang kelas - Presensi siswa - Mengecek denah kelas - Menyampaikan Standar Kompetensi - Menyampaikan Kompetensi Dasar - Menyampaikan Tujuan Pembelajaran - Menyampaikan metode pembelajaran - Apersepsi terhadap materi pelajaran atau Pre Test | | | |||
Inti | 65 menit | Kegiatan Pembelajaran - Guru mempersentasikan materi pelajaran | | | |||
Akhir | 15 menit | Kegiatan Guru - Guru bersama siswa melakukan refleksi - Post Test - Penugasan siswa untuk bahan diskusi pada
| | | |||
V. Alat ( Bahan ) : Papan tulis, kapur, CD, Flashdisk, Komputer
VI Sumber Belajar : Modul Kewirausahaan untuk SMK Kls X Sem 1, buku-buku kewirausahaan yang relevan.
VII. Penilaian : - Non Tes : dilakukan pada tahap persiapan, pelaksanaan diskusi klompok kecil dan panel
- Tes tertulis : terlampir